ICRAF Publication Detail Page

Publication Details

Magazine Article
MA0066-11
Article TitleCreating Shared Value (CSV): konsep baru dalam dunia usaha
AuthorHesti L. Tata
Year2011
Magazine TitleKiprah Agroforestri 9
PlaceBogor, Indonesia
Volume4
Issue Number2
Pages9-10
Call NumberMA0066-11
Abstract:
Pendefinisian ulang konsep dan istilah CSR dipandang perlu mengingat tanggung jawab sosial bukan hanya kewajiban bagi perusahaan, tetapi juga bagi semua pihak. Dalam rangka mewujudkan tanggung jawab bagi semua pihak, maka perlu diciptakan manfaat bersama atau creating shared value (CSV) sehingga tanggung jawab bersama dapat terbentuk. Menurut Porter & Kramer (2011), CSV merupakan kebijakan dan proses teknis operasional yang meningkatkan nilainilai kompetitif perusahaan dan secara bersamaan memajukan kondisi sosial dan ekonomi. Namun, agar tanggung jawab tersebut terjadi secara efektif dan efisien, maka CSV haruslah diciptakan di setiap tahap rantai bisnis. Misalnya, dalam perusahaan yang bergerak dI bidang pangan dan nutrisi, CSV berada pada tiga komponen utama, yaitu: (1) pertanian dan pembangunan berkelanjutan, (2) lingkungan manufaktur dan sumber daya manusianya (SDM), serta (3) produk dan konsumen. Dengan konsep ini, baik perusahaan maupun masyarakat akan mendapatkan manfaat yang sinergis.
Download file(s): Click icon to download/open file.
  File Size Description
download file 93 KB Softcopy
Viewed in 2353 times. Downloaded in 466 times.