Abstract: |
Pendefinisian ulang konsep dan istilah CSR dipandang perlu mengingat tanggung jawab sosial bukan hanya kewajiban bagi perusahaan, tetapi juga bagi semua pihak. Dalam rangka mewujudkan tanggung jawab bagi semua pihak, maka perlu diciptakan manfaat bersama atau creating shared value (CSV) sehingga tanggung jawab bersama dapat terbentuk. Menurut Porter & Kramer (2011), CSV merupakan kebijakan dan proses teknis operasional yang meningkatkan nilainilai kompetitif perusahaan dan secara
bersamaan memajukan kondisi sosial dan ekonomi. Namun, agar tanggung jawab tersebut terjadi secara efektif dan efisien, maka CSV haruslah diciptakan di setiap tahap rantai bisnis. Misalnya, dalam perusahaan yang bergerak dI bidang pangan dan nutrisi, CSV berada pada tiga komponen utama, yaitu: (1) pertanian dan pembangunan
berkelanjutan, (2) lingkungan manufaktur dan sumber daya manusianya (SDM), serta (3) produk dan konsumen. Dengan konsep ini, baik perusahaan maupun masyarakat
akan mendapatkan manfaat yang sinergis. |
|