Materi Pembelajaran ini berisi panduan untuk melakukan suatu kegiatan pelatihan kepada peserta pelatihan tentang kondisi hidrologi. Bagian 1 berisi latar belakang perlunya dilakukan pelatihan dan tujuan pembuatan Materi Pembelajaran itu sendiri. Bagian 2 sampai dengan 5 secara garis besar berisi dua hal. Pertama adalah tentang uraian, pemahaman atau bahan bacaan tentang topik pada tiap-tiap bagian. Bahan bacaan ini diharapkan dapat menjadi sumber pemahaman bagi calon fasilitator tentang teori dan konsep yang akan difasilitasi. Kedua, setiap bagian dilengkapi dengan Materi Pembelajaran yang dapat dipergunakan oleh fasilitator untuk menjelaskan dan memberikan pemahaman kepada masyarakat desa baik tentang teknis pengukuran maupun dengan memberikan contoh-contoh kasus atau simulasi. Secara lebih detail, Bagian 2 berisi panduan bagaimana fasilitator dapat memulai suatu pelatihan kepada masyarakat. Pada bagian ini, fasilitator diberi petunjuk langkah-langkah untuk memulai pelatihan mulai dari penyampaian tujuan, perkenalan peserta, penggalian harapan peserta terhadap pelatihan yang akan dilaksanakan dan penyusunan kontrak belajar. Bagian 3 berisi pengenalan siklus air terutama siklus air di daerah pedesaan atau DAS mikro. Bagian 4 berisi tentang pemahaman DAS mikro, tata air dan permasalahan kondisi tata air. Sementara itu bagian 5 berisi tentang metode pengukuran indikator-indikator kondisi tata air. |